Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2017

Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2017 - Hallo sahabat Artikel Koe, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2017, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel INFOPEDIA, yang sya tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2017
link : Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2017

Baca juga


Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2017


Parlemen Remaja adalah program pelatihan dan pendidikan demokrasi untuk Siswa/i SMA/SMK/MA se-Indonesia yang diselenggarakan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI.

Tahun ini, Parlemen Remaja mengambil tema Peran Parlemen Dalam Menyelamatkan Generasi Muda Dari Ancaman Narkoba

Parlemen Remaja 2017 akan diselenggarakan pada 11-14 September di Wisma DPR RI, Puncak-Bogor dan Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Peserta terpilih akan mendapatkan pembekalan materi dari Anggota DPR, pelatihan Simulasi Sidang Paripurna DPR RI di ruang rapat Paripurna DPR RI, dan Kunjungan Kerja ke mitra DPR RI.

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi Parlemen Remaja 2017 akan ditanggung biaya akomodasi, konsumsi, dan transportasi (Bus/Kereta/Pesawat kelas ekonomi) dari daerah asal ke lokasi kegiatan PP. Peserta juga akan mendapatkan uang saku, sertifikat, dan perlengkapan kegiatan.

Pendaftaran seleksi dilakukan dengan mengisi Daftar Riwayat Hidup dan mengunggah Essai di website Parlemen Remaja. Pendaftaran dibuka pada tanggal 1-22 Agustus 2017. Kunjungi http://www.dpr.go.id/parlemen-remaja


Daftar Segera!

IG: parlemen_remaja
FB: Parlemen Remaja
Twitter: @parlemenremaja_

 

Tentang Parlemen Remaja

Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ke-3 di dunia, perlu memberikan pendidikan politik dan demokrasi kepada para generasi muda sedini mungkin. Di sisi lain, harus diakui bahwa pendidikan politik di kalangan remaja saat ini masih terbatas, ditambah dengan adanya ketidakberimbangan informasi politik yang beredar di masyarakat terutama yang disampaikan oleh media merupakan urgensi perlunya diadakan kegiatan yang dapat memberikan gambaran nyata kepada generasi muda tentang tugas dan fungsi parlemen. Oleh karena itulah Sekretariat Jenderal dan Badan keahlian DPR RI, melalui Biro Pemberitaan Parlemen mengadakan kegiatan Parlemen Remaja yang diadakan tiap tahun sejak tahun 2008 silam.

Urgensi lain diadakannya kegiatan parlemen remaja adalah adanya amanat dari Asosiasi Parlemen Dunia (IPU) yang menetapkan tanggal 15 September sebagai “International Day Of Democracy”. Indonesia sebagai bagian dari keanggotaan IPU diamanatkan untuk menyelenggarakan kegiatan Parlemen Remaja sebagai wahana pendidikan Demokrasi.

Untuk itu kegiatan Parlemen Remaja yang setiap tahun diselenggarakan DPR RI telah memberi dampak pada peningkatan pemahaman para remaja tentang bagaimana proses demokrasi dan proses politik bekerja di Negara kita. Selain itu dapat lebih mengenalkan para remaja mengenai DPR RI sebagai Lembaga Negara yang melaksanakan fungsi politik baik di bidang legislasi, anggaran dan pengawasan.

TUJUAN
  1. Memasyarakatkan Fungsi dan Peranan DPR-RI Kepada Remaja Sebagai Generasi Penerus Bangsa.
  2. Memberikan pemahaman kepada remaja (siswa SMU/SMK) tentang proses pembuatan kebijakan publik di Parlemen;
  3. Meningkatkan pemahaman remaja tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi Parlemen

TUJUAN KHUSUS
  1. Mendidik remaja yang kritis dan mengetahui tentang proses politik di Indonesia sehingga akan memperkuat partisipasi publik dalam proses politik dan juga untuk meningkatkan kemampuan remaja dalam hal :
  2. Memahami tata cara berparlemen dan praktek debat politik di DPR-RI
  3. Meningkatkan pengertian dan pemahaman tentang demokrasi
  4. Menyuarakan aspirasi kelompok remaja dengan memberikan kebebasan untuk mengemukakan pandangan dan pemikiran politis
  5. Membangun hubungan baru serta menggalang persahabatan abadi selepas pelaksanaan Parlemen Remaja.

SASARAN
  1. Memberikan pemahaman tentang Mekanisme Kerja Dewan dalam melaksanakan dua fungsi DPR RI (Fungsi Legislasi dan Fungsi Pengawasan) dari ketiga fungsi DPR RI (Fungsi Legislasi, Fungsi Anggaran dan Fungsi Pengawasan).
  2. Diharapkan para pelajar memiliki motivasi untuk turut serta meningkatkan citra DPR RI.
  3. Sebagai sarana mensosialisasikan kinerja Dewan kepada remaja.

KEMANFAATAN BAGI DPR
  1. Sosialisasi Mekanisme Persidangan di DPR
  2. Mengembangkan relasi komunikasi antara DPR RI dengan para pelajar se Indonesia.
  3. Membangun citra positif tentang parlemen.
  4. Mendekatkan parlemen dengan generasi muda.

GRAFIK JUMLAH PENDAFTAR

Keterangan:
  • Tahun 2013 : 586 Pendaftar
  • Tahun 2014 : 684 Pendaftar
  • Tahun 2015 : 911 Pendaftar
  • Tahun 2016 : 2286 Pendaftar


DAFTAR PARLEMEN REMAJA



Demikianlah Artikel Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2017

Sekianlah artikel Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2017 dengan alamat link http://articleskoe.blogspot.com/2017/08/pendaftaran-seleksi-parlemen-remaja-2017.html

0 Response to "Pendaftaran Seleksi Parlemen Remaja 2017"

Posting Komentar